Windows Dan Linux Virtual Machine

KOMPUTASI MODERN

WINDOWS DAN LINUX VIRTUAL MACHINE

Kelompok 3

Andre Gabriel (50418775)

Fajrul Hafizh (52418447)

Gunawan Abi (52418977)

Reza Fathurrahman(56418052)

Shahib Raihan (56418638) 

UNIVERSITAS GUNADARMA  

Jl. KH. Noer Ali, RT.005/RW.006A, Jakasampurna, Kec. Bekasi Barat., Kota Bekasi, Jawa Barat 17145 

Pengertian Virtual Machine

(Sumber : Shutterstock.com)

Virtual machine adalah lingkungan server virtual yang bekerja seperti komputer di dalam komputer. Virtual machine berjalan pada partisi terisolasi yang ada pada komputer host dengan resources seperti CPU, memori, dan sistem operasi tersendiri, hal ini memungkinkan pengguna untuk menjalankan berbagai aplikasi pada virtual machine dan menggunakannya seperti biasanya pada perangkat tersebut.

Satu atau lebih virtual machine bisa berjalan pada satu perangkat keras, setiap virtual machine akan menjalankan sistem operasinya sendiri dan berfungsi secara terpisah dari virtual machine lainnya, bahkan jika semuanya berjalan di perangkat yang sama. Misalnya, Anda bisa menggunakan virtual machine dengan sistem operasi Linux pada komputer Windows Anda dan sebaliknya.

Teknologi virtual machine biasanya digunakan untuk mengakomodasi berbagai tingkat kebutuhan. Misalnya, menjalankan perangkat lunak yang memerlukan sistem operasi berbeda dari perangkat keras, atau untuk menguji aplikasi baru pada sebuah sistem agar lebih aman.

Cara Kerja Virtual Machine

(sumber : hosteko.com)

Cara kerja virtual machine sendiri juga sebenarnya cukup sederhana. Saat Anda membuka mesin virtual ini, VM akan berjalan sebagai proses di jendela aplikasi di OS perangkat fisik. File kunci yang membentuk mesin virtual termasuk file log, file pengaturan NVRAM, file disk virtual, dan file konfigurasi.

Proses berjalannya virtual machine dikelola oleh perangkat lunak yang dikenal sebagai hypervisor. Software ini bertanggung jawab untuk mengelola dan menyediakan resources seperti memori, penyimpanan, dan sumber daya lainnya dari perangkat utama ke virtual machine.

Hypersource juga berfungsi untuk mengatur operasi di VM sehingga tidak membanjiri satu sama lain saat menggunakan sumber daya.

Jenis – Jenis Virtual Machine

Mesin virtual memungkinkan Anda untuk memvirtualisasikan semua komponen infrastruktur TI. Lima jenis inti virtualisasi meliputi:

1. Virtualisasi perangkat keras

Virtualisasi perangkat keras, terkadang dikenal sebagai virtualisasi server, memungkinkan sumber daya perangkat keras digunakan lebih efisien. Dengan virtualisasi, satu mesin dapat menjalankan beberapa sistem operasi yang berbeda secara bersamaan.

2. Virtualisasi perangkat lunak

Dengan virtualisasi perangkat lunak, kita dapat membuat sistem komputer yang menampilkan perangkat keras yang memungkinkan satu atau lebih sistem operasi tamu berjalan di mesin host fisik. Anda juga dapat memvirtualisasikan aplikasi dan mengirimkannya dari server ke perangkat pengguna akhir, memungkinkan karyawan mengakses aplikasi yang dihosting secara terpusat saat bekerja dari jarak jauh.

3. Virtualisasi penyimpanan

Dengan menggabungkan beberapa perangkat penyimpanan fisik menjadi satu, virtualisasi penyimpanan dapat meningkatkan kecepatan kinerja, meningkatkan penyeimbangan beban, dan mengurangi biaya. Ini juga berguna untuk perencanaan pemulihan bencana, karena data penyimpanan virtual dapat diduplikasi dan ditransfer dengan cepat ke lokasi lain, membantu mengurangi waktu henti.

4. Virtualisasi jaringan

Virtualisasi jaringan menggabungkan peralatan ke dalam satu jaringan virtual berbasis perangkat lunak, menciptakan beberapa sub-jaringan pada jaringan fisik yang sama. Ini memungkinkan bandwidth yang tersedia untuk dibagi menjadi beberapa saluran independen, yang masing-masing dapat ditetapkan ke server dan perangkat secara real-time. Bisnis dapat menikmati keuntungan dari peningkatan keandalan, kecepatan jaringan, keamanan, dan peningkatan pemantauan penggunaan data.

5. Virtualisasi desktop

Virtualisasi desktop adalah salah satu jenis virtualisasi yang paling umum. Ini memisahkan lingkungan desktop dari perangkat keras komputer ke server jauh. Pengguna akan mendapat manfaat dari aksesibilitas yang mudah, keamanan data yang lebih baik, kemudahan pengelolaan, dan penghematan biaya lisensi dan pembaruan perangkat lunak.

Manfaat Virtual Machine

Manfaat mesin virtual meliputi:

1. Kompatibilitas

Mesin virtual meng-host sistem operasi dan aplikasi tamu mereka sendiri, menggunakan semua komponen yang ditemukan di komputer fisik (motherboard, kartu VGA, pengontrol kartu jaringan, dll). Hal ini memungkinkan VM sepenuhnya kompatibel dengan semua sistem operasi standar x86, aplikasi, dan driver perangkat. Oleh karena itu, Anda dapat menjalankan semua perangkat lunak yang sama yang biasanya Anda gunakan pada komputer x86 standar.

2. Isolasi

VM berbagi sumber daya fisik komputer, namun tetap terisolasi satu sama lain. Pemisahan ini adalah alasan utama mengapa mesin virtual menciptakan lingkungan yang lebih aman untuk menjalankan aplikasi jika dibandingkan dengan sistem non-virtual. Jika, misalnya, Anda menjalankan empat VM di server dan salah satunya mogok, tiga VM lainnya tidak akan terpengaruh dan akan tetap beroperasi.

3. Enkapsulasi

Mesin virtual bertindak sebagai paket perangkat lunak tunggal yang merangkum satu set lengkap sumber daya perangkat keras, sistem operasi, dan semua aplikasinya. Hal ini membuat VM sangat portabel dan mudah dikelola. Anda dapat memindahkan dan menyalin VM dari satu lokasi ke lokasi lain seperti file perangkat lunak lainnya, atau menyimpannya di media penyimpanan apa pun — dari jaringan area penyimpanan (SAN) ke flash drive USB umum.

4. Independensi perangkat keras

Mesin virtual dapat dikonfigurasi dengan komponen virtual yang sepenuhnya independen dari komponen fisik perangkat keras yang mendasarinya. VM yang berada di server yang sama bahkan dapat menjalankan berbagai jenis sistem operasi. Independensi perangkat keras memungkinkan Anda untuk memindahkan mesin virtual dari satu komputer x86 ke komputer lain tanpa perlu membuat perubahan apa pun pada driver perangkat, sistem operasi, atau aplikasi.

Windows Virtual Machine

Microsoft Hyper-V

Microsoft Hyper-V ini merupakan teknologi virtualisasi yang dibuat oleh Microsoft, dan sebelumnya dikenal dengan nama Windows Server Virtualization. Hyper-V adalah virtualisasi berbasis hypervisor. Sedang hypervisor dikenal juga sebagai virtual machine manager (VMM).

VMM sendiri adalah salah satu dari teknik hardware virtualization yang memungkinkan beberapa sistem operasi (dikenal sebagai guest) yang berjalan diatas sebuah host komputer. Guest pada dasarnya akan berbentuk sebagai file.

Sistem operasi yang didukung: Linux dan mesin virtual FreeBSD untuk Hyper-V di Windows, dan juga didukung oleh Windows guest operating system untuk Hyper-V pada Windows Server.

model virtualisasi server yang disediakan oleh Microsoft. Yaitu :

Hyper-V yang merupakan role atau bagian dari Microsoft Windows Server 2008 R2 (as a role).

Hyper-V yang merupakan role atau bagian dari Microsoft Windows Server 2008 R2 (as a role). Pada model ini hypervisor menjadi bagian dari sistem operasi host. Sehingga sistem operasi host berfungsi sebagai perantara antara hypervisor dan perangkat keras.

Hyper-V ini sendiri memiliki beberapa fungsi seperti:

Menetapkan atau memperluas lingkungan cloud pribadi.

Menyediakan layanan TI on-demand yang lebih fleksibel dengan memindahkan atau memperluas penggunaan sumber daya bersama dan menyesuaikan penggunaan sesuai permintaan.

Penggunaan perangkat keras lebih efektif.

Mengkonsolidasikan server dan beban kerja ke komputer fisik yang lebih sedikit dan lebih kuat untuk menggunakan lebih sedikit daya dan ruang fisik.

Meninngkatkan kontinuitas usaha.

Minimalkan dampak downtime yang dijadwalkan dan tidak terjadwal dari beban kerja.

Menetapkan atau memperluas infrastruktur virtual desktop (VDI).

Gunakan strategi desktop terpusat dengan VDI dapat membantu untuk meningkatkan ketangkasan bisnis dan keamanan data, serta mempermudah kepatuhan terhadap peraturan dan mengelola sistem operasi dan aplikasi desktop. Menyebarkan Host Virtualization Hyper-V dan Remote Desktop (Host Virtualisasi RD) pada server yang sama untuk membuat virtual desktop pribadi atau kolam virtual desktop tersedia bagi pengguna.

Membuat pengembangan dan uji yang lebih efisien.

Mereproduksi lingkungan komputasi yang berbeda tanpa harus membeli atau merawat semua perangkat keras yang Anda perlukan jika hanya menggunakan sistem fisik.

VirtualBox

VirtualBox

VirtualBox adalah aplikasi open source yang berkaitan dengan Virtualisasi . Virtualisasi yang dimaksud adalah membuat mesin PC virtual yang bisa berjalan secara independen di atas sistem operasi utama. Segala bentuk hardware yang berkaitan dengan mesin virtual semuanya disimulasikan oleh host pc. Sehingga semua sumber daya perangkat keras tidak bisa melebihi sumber daya aslinya.

Dengan menggunakan VirtualBox, kita seolah-olah bisa memiliki berbagai macam perangkat PC dengan berbagai macam sistem operasi tanpa harus memiliki perangkat aslinya. Pada Gambar 1 berikut, adalah ilustrasi tangkapan layar dari VirtualBox dengan beberapa mesin pc virtual dengan OS-nya masing-masing.

Gambar 1: tangkapan layar VirtualBox dengan contoh beberapa mesin dan sistem operasi

Beberapa fungsi VirtualBox

Kita bisa memanfaatkan VirtualBox dalam memanajemen sistem operasi virtual untuk beberapa hal, semisal :

  • Menguji dan mencicip sistem operasi baru tanpa harus kehilangan sistem operasi utama
  • Menguji aplikasi tertentu yang tidak di-support pada sistem yang kita gunakan
  • Untuk mensimulasikan berbagai macam topologi jaringan local
  • Sebagai virtual development environtment seperti yang dimanfaatkan oleh Vagrant
  • Membangun beberapa Virtual Private Server (VPS) dalam satu hardware yang sama.

Guest OS yang di-support

Beberapa Guest OS yang didukung oleh VirtualBox :

Daftar Pustaka

Virtual Machine: Pengertian, Jenis-jenis, dan Manfaatnya

http://www.cloudindonesia.or.id/?s=Hyper-V

https://en.wikipedia.org/wiki/Hyper-V

https://id.wikipedia.org/wiki/VirtualBox

https://www.computerhope.com/jargon/v/virtualbox.htm

https://phoenixnap.com/kb/containers-vs-vms

https://www.virtualbox.org/wiki/Guest_OSes

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Design a site like this with WordPress.com
Get started
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close